Kamis, 30 Mei 2013

Belajar membuat WPAP

Belajar WPAP. Hmmm... Awal ketertarikanku dengan seni mozaik wajah ini gara-gara adikku iseng-iseng menggambar mozaik di CorelDraw, meniru gambar dari internet. Aku penasaran, terus browsing di internet cara membuat mozaik. 
Daan... Ini hasil iseng-iseng saya PERTAMA KALI. Ini foto temen SMA saya lia, . Kenapa saya pilih foto ini? Karena menurut saya struktur wajahnya sederhana. Hehe.. Untuk pemilihan warna, saya masih asal-asalan. Belum ngerti prinsipnya. Facetnya juga belum rapi, belum bisa detail juga. Kalau dibandingkan dengan foto aslinya, ya masih jauh. Pernah saya pos di grup, kata temen2, gambarnya kegendutan. Bibirnya terlalu merah. 
Lalu saya coba foto teman-teman SMA saya yang lain. Yang sebelah kiri namanya Wawa, yang kanan Habib. Hasilnya, masih #fail. Hahaha.. Practice makes perfect.

Wawa- Pilihan warna terlalu kontras
Habib-Ya gitudeh, masih berantakan
Dan ini gambar saya sendiri. Ternyata setelah diamati, saya benar-benar mirip bapak saya. Dalam pembuatan gambar ini, saya belajar hal baru, menggambar pakaian dengan semirip mungkin. Lumayan lama sih, dan hasilnya lumayan ngganteng. Cuma masih banyak sudut yang nanggung.
Saya - Masih banyak sudut yang nanggung

Sekali lagi, practice makes perfect. Saya belajar lagi biar hasilnya lebih rapi. Saya review lagi gambar-gambar sebelumnya.

Ternyata dalam membuat facet ada prinsipnya: Mulailah dari bagian wajah yang menjadi ciri khas: mata, hidung, bibir. Lalu, nggak boleh ada kurva, nggak boleh ada sudut yang nanggung. Kalo nanggung, luruskan ajaa... Kalo warna, bebas, tapi coba dicek setelah selesai. Diconvert ke bitmap, kalau dimensinya udah kelihatan seperti foto aslinya, berarti udah bagus.

Di bawah ini gambarnya lia yang saya bikin ulang. Mendadak saya jadi berubah style: tidak banyak segmen di wajah, cukup fokus pada mata, hidung, dan bibir.

Lia- Facetnya sudah lebih rapi.
Nah, berikut ini teman-teman sekelas saya waktu kuliah :)
Dharma
Ini teman saya dari Bali. Gambar ini sudah lumayan mirip foto aslinya. Facet OK, tapi warnanya #fail. Improvisasi yang gagal. Hahaha...
2. Galuh
Galuh ini dari Condet, Jakarta. Wajahnya mirip Velma kan?. Saya kasih eyeshadow untuk mempertegas bagian mata. Tapi ada satu bagian yang fail: salah pilih warna di sekitar mulut. Terlalu terang. Hehehe...

3. Rissska
4. Sidikkk

1 komentar: